Your Sign Here

Sabtu, 13 November 2010

Ocehan : Permainan Kata - Kata

Image and video hosting by TinyPic

Bukan hal yang mudah untuk dibahas.

Butuh banyak sekali titik perspektif untuk membahas hal seperti permainan kata-kata yang tergadang menjadi penyebab kesalahpahaman.

Yaah, emg sekilas kesannya sepele sih seperti permainan kata-kata itu.

Menurut aku sih, pribadi, kata-kata hal yang paling susah untuk dikontrol.

Kata-kata itu hal yang paling mudah digunakan untuk membuat orang mengerti tentang apa yang kita pikirkan, inginkan.

Tapi kadang kata-kata itu terlalu sering dimainkan sehingga seharusnya kata-kata itu merupakan salah satu hal yang bisa dipercaya hanya menjadi 'omong kosong'.

Well, istilah mudahnya sih kayak kata-kata 'gombal'.. 'Gombal' itu sendiri -menurut saya- adalah kata-kata yang dapat dipercaya secara temporary. Cuma untuk sementara berlakuknya kata-kata itu, ada kadaluarsanya. gak perlu dijelasin lagi deh tentang 'gombal' itu, pasti udah pada tahu juga.

Kemudian, kata-kata yang sering kita gunakan, termasuk yang saat ini kalian baca dan setelah aku ketik, semuanya kata-kata. Bisa kalian pahami? Kalian percaya dengan semua yang kalian baca? Percaya dengan semua yang saya ketik?

Itu hak masing-masing untuk percaya atau tidak . ini hanya 'note'.

Kata-kata yang kita pake di ruang lingkup kita sendiri tanpa kita sadari kadang tidak pantas.

Anehnya, kalo seseorang berkata atau bertutur yang sopan, menggunakan kata kata baku , kata- kata yang rapi, org lain malah menilainya berlebihan.. padahal menurutku itu wajar. malah enak sekali mendengar seseorang yang berbicara dengan sopan dan dengan kata2 yang sopaaaaan sekali.

Contoh deh :

A : Maaf, bukan maksud aku seperti itu.

B : Sorry, gak gitu maksud gue

Yang mana yg sering anda pakai? mana yg menurut anda lebih enak diucap? Lebih enak di dengar? Lebih indah kalo diucap? sekali lagi, terserah. Penilaian itu relatif..

Kemudian, kata-kata yang paling mudah diucap, paling susah di tepati, JANJI.

Kadang, tanpa kita sadari kita mengucapkan beberapa kata-kata yang merupakan janji..

sample : I always by ur side

Hellooo, itu kata-kata berat banget buat ditepatin.. kamu harus disisi org lain tersebut selama 24 jam!

gak mungkin banget kan? Kalo emg mau ngucapin hal seperti itu, kenapa gak dibuat untuk tidak menjadi janji? seperti :

I always by your side = Tell me if something wrong.

Setidaknya itu lebih ringan, kita cuma berjanji untuk ada waktu dia ngebutuhin kita. gak harus 24 jam bersama dengan dia..

Tapi itu pendapat aku, maaf aja kalo ada yg salah deeh.

Trus, permainan kata yang seharusnya yang terdengar paling bagus : PUJIAN.

Berapa banyak anda memuji dengan tulus? Berapa bayak pujian yg dilontarkan hanya untuk keuntungan sendiri atau basa-basi belaka? Atau, masih ingatkah kapan terakhir kali anda memuji tanpa maksud apapun?

Susah ya.. padahal pujian itu mudah sekali. aku sendiri lebih suka memuji orang lain, tapi entah kenapa, yang dipuji pasti bilang saya bohong, gak usah menghibur deh, aneh, dan lainnya. yaah, itu bukti kalo PUJIAN udah nggak dianggap pujian lagi karena terlalu sering disalah gunakan untuk beberapa org tertentu sehingga makna pujian itu sendiri berubah. (aku ngomong apa sih?)

Lalu, permainan kata yang paling gak enak didenger : CELAAN.

Siapa diantara kalian yang belum pernah mencela? Saya yakin tidak ada yang tidak pernah tidak mencela -termasuk saya sendiri. Susah sekalikan menjaga perkataan kita sendiri? padahal kita sendiri tahu seberapa sakitnya tiap celaan yg kita ucapkan. Mencela pasti akan Dicela. Itu emang udah dari sananya. gak ada yg nggak tahu. Tahu nggak sih seberapa besarnya 'luka' yang bisa dibuat dengan kata-kata yg merupakan celaan itu? Sakitnya itu nggak sebentar, lama.. lama sekali..

Kalo kita berani mencela org lain, kita harus siap untuk dicela orang lain.. oleh karena itu, aku berusaha mati2an untuk berhenti mencela org lain, menggantinya dengan pujian, walau memang, balasan dari tindakan kita itu celaan. tapi sekalian belajar sabar juga bisa..

Diam aja mendengar celaan orang lain.. Jika kita tidak mencela, percaya aja kita tidaks seperti mereka yg suka mencela walaupun gak ada garansi untuk itu.

Ahh, aku nggak tau apa yang baru aja aku ketik.. Sebenarnya aku nggak pantes ngebuat ocehan seperti ini.

Cuma tumpahan ide yang ada di otak.. walaupun ini otak nggak ada intinya, nggak ada isinya atau manfaatnya, untuk yg ngebaca maaf udah ngambil waktu anda untuk membaca hal seperti ini..


0 komentar:

Posting Komentar