Your Sign Here

Rabu, 10 November 2010

Ocehan : Kepercayaan ? Pengkhianatan ?

Image and video hosting by TinyPic
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'kepercayaan'?
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'pengkhianatan'?
Yang ku pahami, pengkhianatan adalah wujud daru ketiadaan dari kepercayaan. Tapi, aku sendiri tidak paham dengan arti kepercayaan itu.

Apa mungkin kepercayaan, kata itu, tidak bisa diartikan, namun kata itu dapat kita rasakan. Dapat kita tentukan.

Berapa banyak orang dan hal yang kau percayai? Berapa banyak hal yang tidak kau percaya? Kenapa bisa tercipta klasifikasi pada dirimu tentang orang yang kau percaya dan yang tidak kau percaya? Bukankah ketidakpercayaan itu lahir dari pemgalaman, dari penilaianmu terhadap orang lain? Yang mana yang benar, orang lain yang bersikap lalu membuatmu tidak mempercayainya atau kau menilai orang lain lalu memutuskan untuk tidak mempercayainya? Adakah yang kau pertimbangkan ketika memutuskan untuk tidak mempercayai orang lain?

Kondisiku sekarang adalah dimana aku krisis akan kepercayaan terhadap orang lain. Bukan mustahil aku percaya pada orang lain, aku mempercayai beberapa orang dalam hidupku. Orang uang tidak aku percaya bukan berarti aku tidak mempercayai mereka. Aku hanya menjaga, membatasi diri di daerah kepercayaan yang aku miliki. Selama ini, ketika aku berkata aku mempercayai seseorang itu berarti aku memang mempercayainya. Hanya saja, kadang rasa takut itu ada. Coba saja dipikirkan, rasakan sendiri, di dalam kepercayaanmu itu, di dalamnya, dilubuk, di dasarnya, pasti ada rasa takut. Tapi entah rasa takut apa. Apa mungkin dikhianati? Takut kehilangan? Atau rasa takut lainnya? Aku sering memperhatikan kisah orang lain percaya dan tidak percaya itu adalah pilihan yang dapat kau atur, tidak terlaksana karena spontanitas.

Kepercayaan itu..damai, sunyi, berwarna, objektif, beralasan, moody, luar biasa.
Pengkhianatan itu.. kelam, suram, tidak bertanggungjawab, kolektif.

Kita sering menggunakan kata kata itu tapi pengertian pastinya tidak ada yang tahu. Baiklah, mungkin ada yang tahu arti kepercayaan dan pengkhianatan itu. Tapi itukan argumentasi. Semua yang ku tulisa adalah argumentasi. Seberapa berpegaruh apa yang ku tulis terhadapmu? dan terhadap diriku sendiri? NOL.

0 komentar:

Posting Komentar